Senin, 24 Jun 2024
  • Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Lombok Timur | TERAKREDITASI BAIK

Hadiri Pembukaan AICIS XXI, Rektor IAIH NW LOTIM Harapkan Partisipasi Civitas Akademik

Rektor IAIH NW LOTIM KH. L. Gede Muhammad Zainuddin Atsani menghadiri Opening Ceremony The 21th Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2022 di Auditorium UIN Mataram, Kota Mataram Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/10/2022).

Kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) ini mengusung tema “Future Religion in G-20: Digital Transformation, Knowledge Management and Social Resilience,” dengan UIN Mataram sebagai tuan rumah penyelenggara.

Rektor IAIH NW LOTIM berharap segenap civitas akademika IAIH NW LOTIM bisa turut andil mendukung dan menyukseskan AICIS yang ke-21 ini yang dapat diikuti secara virtual.

“Alhamdulillah kegiatan AICIS ini berjalan lancar, ini adalah momentum yang sangat berharga bagi para pakar dan pemerhati khususnya di bidang Islamic studies untuk melakukan kajian bersama kaitannya dengan berbagai isu yang dimunculkan pada AICIS kali ini,” ungkap Rektor. “Kami juga berharap bahwa momentum ini dapat diikuti oleh para dosen termasuk juga para alumni, para tenaga kependidikan untuk membuat karya yang dipresentasikan di forum internasional. Dengan berpartisipasinya segenap civitas akademik diharapkan mampu melahirkan semangat dan inspirasi, untuk melakukan kajian penelitian, kepenulisan, sehingga motivasi terus berkembang untuk dapat berkarya dan berkompetisi lebih unggul kedepannya,” lanjut Rektor.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M. Ali Ramdhani dalam sambutannya mengatakan pada era digital saat ini, sivitas akademika pada Perguruan Tinggi Keagamaan untuk dapat menempatkan agama sebagai instrumen kemajuan dengan memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi yang masif dan semakin tak terbendung saat ini.

“Dapat kita lihat bahwa topik saat ini sebenarnya adalah kesadaran yang berkelanjutan dengan tindakan nyata untuk mengintegrasikan era digital ke dalam lingkungan keagamaan,” terang M. Ali Ramdhani di Mataram.

Menurut M. Ali Ramdhani, implikasi era digital untuk pendidikan yang lebih baik perlu didorong agar mampu mengartikulasikan peran agama dan dunia pendidikan untuk kemaslahatan umat dengan mengintegrasikan kecepatan perkembangan teknologi saat ini.

Pembukaan AICIS ke-21 ini, secara resmi dibuka oleh Menteri Agama, dan diikuti oleh Gubernur NTB, Dirjen Pendis, Seluruh Rektor dan Ketua PTKIN se-Indonesia, Rektor IAHN Mataram, peserta dan penulis serta tamu undangan lainnya. Adapun delegasi dari IAIH NW LOTIM, terdiri dari Rektor, Wakil Rektor I

Bagikan:
KELUAR